07 April 2016

5 Tips Berbelanja Online Aman Menghindari Penipuan

Masih banyak yang belanja via online terkena penipuan akibat dari belum paham cara menghindari bertransaksi yang benar. Biasanya tergiur dari iming-iming harga miring dan dokumen palsu sehinggu membuat para korban penipuan kalap dan tanpa pikir panjang langsung mentransfer sejumlah uang melalui rekening bank. Hal ini bisa dihindari dengan mengikuti tips-tips berikut di bawah ini:

1. Gunakan jasa rekber (rekening bersama)

Yang dimaksud dengan rekber adalah si pembeli bila ingin menbeli barang mengirimkan uang ke si pemilik rekber yang dianggap terpercaya, lalu si pemilik rekber menginformasikan ke si penjual bahwa uang sudah diterima dan si penjual agar segera mengirimkan barang ke si pembeli dengan cara memberikan bukti pengiriman atau nomor resi ke si pemilik rekber. Bila si pemilik rekber sudah menerima bukti resi dan si pembeli telah menerima barang yang ditawarkan maka si pemilik rekber akan segera mengirim uang ke si penjual dan proses penjualan telah berjalan dengan lancar.

Dengan menggunakan jasa rekber atau rekening bersama maka bila ada kejadian seperti setelah ditransfer uang ke penjual dan penjual belum mengirim barang dalam tempo yang dijanjikan, maka si pemilik rekber akan mengembalikan uang ke pembeli dengan aman. Ada beberapa jasa rekber yang terpercaya seperti tokopedia atau seller terpercaya di forum kaskus yang telah terbukti banyak memiliki testimonial dari pengguna jasa rekbernya.

2. COD (cash on delivery)

COD artinya pihak pembeli dan penjual bertemu langsung secara tatap muka dan uang milik pembeli akan diberikan ke penjual saat itu juga. Hal ini merupakan cara berbelanja online yang paling aman karena si pembeli bisa melihat langsung barang yang akan dibeli dari si penjual sehingga terhindar dari istilah "beli kucing dalam karung."

3. Cek reputasi online

Cara mengetahui reputasi si penjual atau seller terpercaya bisa melihat banyaknya testimoni dari yang telah bertransaksi di forum-forum, seperti di kaskus ada istilah cendol jadi yang telah bertransaksi dengan seller terpercaya maka si pembeli diminta memberikan cendol untuk bukti bahwa transaksi telah berjalan lancar. Juga bisa cek tanggal bergabungnya si seller tersebut di forum yang dimaksud, bila si seller baru gabung belum satu tahun makan harap berhati-hati bertransaksi dengan mereka.

4. Minta bukti nomor resi terakhir

Biasanya seller yang terpercaya akan transparan dalam memberikan data-data yang dibutuhkan agar calon pembeli percaya dan segera mentransfer sejumlah uang ke pembeli yang berlanjut dengan si pembeli mengirim barang ke pembeli melalui jasa pengiriman barang yang terpercaya seperti JNE ata TIKI. Pihak jasa pengiriman tersebut mengeluarkan resi sebagai tanda bukti dan juga bisa dicek proses sampai di mana barang berada. Di resi juga tertera jenis barang yang dimaksud lengkap beserta data lain seperti nomor telpon/hp dari si seller dan si pembeli. maka dengan meminta cek resi terakhir dari si seller bisa di cek ke pihak jasa pengiriman bahwa seller tersebut benar menjual sesuai dengan apa yang ditawarkan.

5. Terdaftar di Polisi Online (opsional)

Polisionline.com telah terpercaya menjembatani agar para pembeli yang berbelanja via online semakin aman berbelanja. Bila seller yang serius akan bisnis onlinenya pasti akan mendaftarkan usaha atau toko online mereka ke polisionline.com dengan harapan agar seller memiliki kepercayaan dalam menjual barangnya via online. Pihjak polisi online juga akan mengecek dan bila dianggap terpercaya oleh mereka maka akan resmi terdaftar di situs mereka dan memberikan widget/badge untuk ditempelkan di situs milik seller.


Demikian semoga tips aman berbelanja via online di atas dapat bermanfaat dan mampu mengurangi terjadinya kasus penipuan online. Silahkan menyebarkan informasi ini ke teman-teman dan follower sosial media Anda agar mereka bisa berbelanja via online dengan aman dan tidak memiliki pemikiran negatif bila ingin beli pakai online.

0 comments :

Posting Komentar

Mau Bisnis Online Gratis?

Isi email Anda: