28 Januari 2016

Panduan Pemasaran via Online 2016 Ala Sir Timan (Rekomended 100%)

online 2016
Bagi para pemula usaha yang mau memasarkan barang atau jasanya melalui jalur online tentu masih banyak yang belum tau atau belum paham mengenai apa yang harus dilakukan pertama kali untuk segera membuat produk atau jasanya terjual laris dan banjir order. Mungkin sebagian dari mereka sudah mencari beberapa sumber referensi atau merasa sudah yakin akan ampuhnya berjualan melalui dunia maya. Namun, masih banyak juga yang masih buta sama sekali tentang apa itu promosi secara online. Ada beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan untuk segera memulai menjual produk atau jasa melalui online, yaitu:

1. Membuka lapak di situs-situs jual beli

Di situs atau forum jual beli seperti: kaskus, olx, bukalapak, tokopedia, lazada, dll. Jelas banyak pembeli yang siap mencari produk atau jasa Anda untuk dibeli. Jadi segera buat akun dan buka lapak untuk langsung bertransaksi dengan para calon pembeli yang sudah mengantri dan siap mentransfer uang dari rekening bank mereka. Sebelumnya harus mentaati peraturan yang dibuat oleh pemilik situs jual beli agar tidak terjadi tindakan yang dianggap penipuan dan menjaga keamanan para calon pembeli dalam bertransaksi online. Semakin banyak bertransaksi yang lancar tentu membuat Anda sebagai Seller terpercaya. Juga dalam masalah pembayaran sebagian situs jual beli menyediakan sistem rekening bersama atau disingkat rekber yang bisa dipercaya sehingga para calon pembeli tidak takut lagi dalam mentransfer uang mereka dari bank. Jangan sia-siakan kesempatan ini!

2. Memajang foto produk di toko online

Masih berfikir punya toko online itu ribet? Ya, kalo ga mau ribet ya jangan jualan setengah-setengah. Soalnya nanti pasti saat banyak orderan dari toko online, mondar-mandir ke jasa paket barang, menghitung pemasukan pendapatan yang melonjak atau yang memiliki jasa bakal keteteran harus melayani dan memenuhi panggilan order tepat waktu. Semua itu bisa terjadi bila memiliki toko online yang dikelola dengan baik daripada hanya berfikir ribet punya online store. Namanya jualan via online ya wajib punya toko online. Manfaat lain memiliki toko online dapat meningkatka kredibilitas yang berakibat calon pembeli jadi lebih percaya dengan konten yang ditampilkan dengan apik juga halaman-halaman khusus seperti tentang usaha, cara menghubungi, kebijakan pembelian dan status produk di keranjang belanja. Di toko online juga ada banyak fitur dan widget seperti sosial media sharing, bookmarking, berlangganan update melalui rss feed, chatting, popup, sticker, dll yang berguna untuk memaksimalkan penjualan.

3. Memasang iklan di FBAds atau Adwords

Bila memiliki anggaran untuk promosi yang dirasa cukup untuk beriklan ya silahkan saja untuk mengetahui kekuatan pasar yang lebih tertarget. Agar biaya iklan tidak terbuang sia-sia sebelumnya harus riset kata kunci atau segmentasi pasar terlebih dahulu dan membuat konten iklan yang memiliki keunikan, daya rasa ingin tau dan mencoba membuat orang agar mengklik dan segera berbelanja produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam beriklan juga harus bersaing dengan pengiklan lain atau istilahnya pesaing Anda dalam memperebutkan harga per klik dari iklan, kejadiannya bila Anda mampu membayar harga per klik yang lebih besar dari saingan Anda tentu iklan Anda lebih didahulukan yang menyebabkan para calon pelanggan akan membeli lebih dulu dari Anda dan pesaing Anda hanya berpeluang lebih sedikit karena telah kalah dalam perebutan harga per klik dari iklan.

4. Menambah akun jejaring sosial dan menambah teman

Jangan hanya berjualan di facebook atau bbm saja, tetapi memaksimalkan yang namanya akun sosial media seperti instagram, pinterest, tumblr dll agar merk atau produk/jasa Anda dapat lebih cepat populer secara viral dan terus berusaha menambah jumlah follower dari tiap-tiap akun sosial tersebut karena semakin banyak follower tentu dapat menghasilkan peluang barang atau produk Anda lebih laris terjual. Bayangkan saat Anda offline atau tidur dan ternyata follower Anda mengeshare foto produk Anda lalu kawan-kawan dari teman Anda tersebut juga menshare bahkan langsung membeli penawaran dari Anda. maka saat Anda mengecek keranjang belanja ternyata sudah banyak orderan yang harus diselesaikan, hal ini membuat promosi penjualan jadi lebih mudah berkat sosial media yang memiliki kekuatan viral.

5. Membuat produk review di blog-blog populer

Bekerjasama dengan para blogger yang memiliki topik atau minat yang sama atau berhubungan tentu bisa membuat produk Anda lebih cepat memiliki banyak pengujung atau calon pembeli. Hal tersebut disebabkan para blogger juga memiliki jalur sindikasi konten, pengunjung blog, dan ketrampilan yang baik dalam mempopulerkan blognya, memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki blogger tersebut sangat ampuh dalam mendongkrak promosi online usaha Anda. Semakin banyak blog yang mereview usaha Anda pasti semakin besar mata yang melihat produk atau usaha yang Anda tawarkan. Yang harus disiapkan lebih dulu adalah artikel revie dan link yang akan dituju disertai gambar produk atau logo usaha Anda. Hal tersebut bisa dinegosiasikan dengan blogger agar post yang diinginkan segera terpublish dan ramai pengunjungnya.

6. Aktif di komunitas online yang tertarget

Tampil dan berkontribusi secara aktif di forum komunitas seperti fb grup, yahoo grup, google grup atau forum-forum lainnya bisa membuat profil dan usaha Anda lebih terkenal dan sudah pasti tingkat kepercayaan para anggota di komunitas-komunitas tersebut jauh lebih tinggi dan peluang produk Anda dibeli bisa jauh lebih cepat. Biasanya yang dilakukan di forum komunitas seperti tanya jawab, tips, trik dan solusi seputar topik yang sedang dibahas. Biasanya di forum juga ada sistem pangkat atau lamanya bergabung sehingga tiap anggotanya bisa tau informasi tentang profile Anda bisa dipercaya atau tidak.

7. Menjalin ikatan hubungan melalui email marketing

Sebagian besar pelaku online memiliki email yang biasanya dengan rutin mereka cek di saat pagi hari atau minimal saat mereka membutuhkan konfirmasi saat seperti membuat akun suatu situs dan lain sebagainya. Jadi email salah satu alat pokok yang bisa dijadikan sarana yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Yang harus diperhatikan bila pemasaran via email jangan terlalu menyepam dengan membombardir kirim email massal tanpa sepengetahuan si pemilik email, disarankan agar menggunakan autoresponder yang sebelumnya mengadakan sistem barter bila Anda tertarik dengan konten gratis dari Anda agar ditukar dengan nama dan email dari para calon pelanggan Anda sehingga mereka merasa tidak dirugikan dan merasa bermanfaat bila Anda terus memberi konten yang berkualitas melalui email yang bisa diseling dengan promo atau rekomendasi dari Anda.

Demikian beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan untuk mempermudah mendapatkan pendapatan usaha melalui jalur online. Diharapkan panduan di atas mampu membuat para pengusaha menjadi tidak bingung dan lebih bersemangat dalam mempromosikan produk atau jasanya melalui pemasaran via online di tahun 2016 ini. Silahkan share ke teman-teman Anda bila artikel ini dirasa bermanfaat. Semoga sukses berbisnis di tahun 2016 ya!


0 comments :

Posting Komentar

Mau Bisnis Online Gratis?

Isi email Anda: