09 November 2016

Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Offline Dibongkar Blak-blakan

Saat ini, banyak sekali peluang usaha yang sebenarnya bisa anda ambil dan jalankan. Selain banyaknya peluang usaha yang tercipta, bagi anda yang sedang memikirkan langkah pemasaran atau jenis bisnis yang cocok untuk dijalankan, maka anda akan berhadapan pada dua jenis bisnis yaitu bisnis online dan juga bisnis offline. Masing-masing jenis bisnis ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Maka dari itu, anda bisa memilih bisnis apa yang sesuai dengan kapabilitas anda. tentunya dengan mengetahui perbedaan dari bisnis online dan offline, akan semakin membuka gambaran anda untuk memutuskan akan fokus pada bisnis yang seperti apa. Dan berikut ini adalah beberapa contoh perbedaan bisnis online dan offline yang bisa menjadi acuan anda untuk menetapkan langkah dalam bisnis.

Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Offline

1. Modal



Dari segi modal, tentunya yang diperlukan dalam bisnis online bisa dikatakan memerlukan modal usaha yang terbilang sedikit. Hal ini karena anda tidak perlu membutuhkan tempat yang untuk menjajakan bisnis anda. akan tetapi, anda hanya memerlukan sarana online seperti jejaring sosial atau blogger. Sedangkan untuk bisnis offline harus dipersiapkan secara matang modal yang harus dikeluarkan. Hal ini karena anda harus memikirkan tempat yang cocok untuk jualan.


2. Jangkauan pemasaran



Dari segi jangkauang pemasarannya sendiri, untuk bisnis online anda akan memiliki jangkauan yang luas. Karena dengan internet sendiri anda bisa menjangkau orang di seluruh dunia tanpa batas. Selain itu, untuk bisnis offline sendiri, jangkauang pemasarannya masih terbatas, hanya orang-orang terdekat saja yang mengetahui bisnis anda. kecuali jika anda memberikan sebuah ide kreatif terhadap bisnis yang sedang anda jalankan.


3. Waktu



Untuk bisnis online, waktu yang diperlukan tidaklah terikat. Anda bisa membuka bisnis anda 24 jam. Anda pun bisa mendapatkan orderan walaupun anda hendak beranjak tidur. Sedangkan untuk bisnis offline, anda memerlukan waktu untuk buka dan tutupnya toko anda, misalkan mulai jam 9 pagi hingga 9 malam.dan untuk tanggal merah bisa libur atau tutup.


4. Sistem pemasaran



Anda tidak memerlukan sebuah sistem pemasaran yang rumit untuk bisnis online. Misalnya harus mencetak brosur, guna sebagai sarana promosi anda. akan tetapi,hanya perlu memanfaatkan promosi dengan berbagai sosial media,maka produk yang anda jual akan diketahui oleh banyak orang. Selain itu, untuk bisnis offline sendiri, anda mesti memikirkan langkah yang harus ditempuh untuk mempromosikan apa yang sedang anda jual.seperti dengan menyebarkan brosur dll.


5. Jenis produk



Anda bisa menjual berbagai macam jenis produk dengan stok yang tidak terbatas. Akan tetapi akan jauh lebih murah, jika anda menjual produk dengan lebih spesifik. Hal ini juga akan memudahkan para langganan dalam mencari produk yang diinginkannya. Sedangkan untuk bisnis offline, anda harus memikirkan stok yang tersedia, dan juga jumlah stoknya.

Miss Show Business
Miss Show Business (Photo credit: Wikipedia)

Itulah beberapa perbedaan bisnis online dan offline yang perlu untuk anda ketahui. Setiap jenis bisnis memang memiliki kelemahan dan kelebihan. Anda bisa menentukan langkah bisnis anda sesuai dengan kemampuan. Untuk yang ingin membuka usaha online silahkan mengorder jasa pembuatan website ala Sir Timan. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Posting Komentar

Mau Bisnis Online Gratis?

Isi email Anda: