Mengembangkan survei online
yang berguna dan ditulis dengan baik yang mengekstrak informasi yang Anda
butuhkan dari pengguna Anda dapat menjadi tantangan. Pada artikel ini, saya
akan meninjau 14 Tips untuk membuat survei online yang bermanfaat.
1. Tulislah singkat, survei
singkat.
Mulailah dengan kerangka mental yang berfokus hanya pada apa yang
penting untuk diketahui. Ajukan pertanyaan hanya jika jawaban akan memberikan
data yang Anda butuhkan dan dapat digunakan. Jika sebuah pertanyaan tidak cukup
penting untuk disertakan dalam laporan Anda mengenai temuan survei, maka
Hilangkan pertanyaannya. Cobalah untuk membayangkan setiap pertanyaan sebagai
teori spesifik sendiri bahwa Anda menguji.
Selain itu, penelitian telah
menunjukkan bahwa orang skim dan melewatkan di web karena sulit untuk membaca
banyak teks yang sangat kental pada layar komputer. Sebagian besar pengguna
tidak ingin menggulir melalui halaman teks yang panjang, sehingga tingkat
penyelesaian survei online Anda akan lebih tinggi jika survei singkat dan
ringkas.
2. Cobalah untuk memulai survei
dengan pertanyaan yang menarik.
Pertanyaan menarik akan menginspirasi responden
untuk terus membaca dan menyelesaikan survei.
3. Kembangkan pertanyaan dengan
jawaban dalam format yang tepat untuk tujuan Anda.
Misalnya, jika Anda percaya
siswa Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk melengkapi pertanyaan dalam
pelajaran Anda, tanyakan, "berapa lama Anda harus melengkapi unit dan pertanyaan
yang menyertainya?" dengan berbagai interval waktu sebagai jawaban yang
mungkin. Ini lebih baik daripada bertanya, "Apakah Anda membutuhkan lebih
banyak waktu untuk menyelesaikan unit dan pertanyaan yang menyertainya?"
dengan ya atau tidak mungkin tanggapan.
4 Rencanakan sebelumnya
bagaimana Anda dan perusahaan Anda akan menganalisis informasi sebelum Anda
mengirimkan versi akhir survei.
Hal ini dapat mempengaruhi pertanyaan dan
format Anda ketika Anda menyadari bahwa analisis statistik yang perlu Anda lakukan
tidak dapat dilakukan dengan hasil pertanyaan tertentu.
5 Menggunakan bahasa yang
paling sederhana mungkin dan menghormati martabat responden ketika membangun
pertanyaan. Responden survei Anda pasti akan datang dari berbagai kelompok, dan
lebih sering daripada tidak, kurang ahli di lapangan daripada Anda.
6. Gunakan bahasa netral.
Survei online sedang dikembangkan untuk mencari tahu apa yang dipikirkan
audiens Anda dan bukan merupakan forum bagi Anda untuk udara persepsi atau
pendapat Anda.
7 . Santai tata bahasa Anda
sedikit sehingga pertanyaan Anda tidak terdengar terlalu formal. Misalnya, kata
"siapa" sering diterima ketika "siapa" secara teknis benar.
8. Pastikan untuk mengajukan
pertanyaan hanya satu pada satu waktu dan menempatkan mereka dalam urutan logis.
Pertanyaan seperti "jika Anda mencetak kurang dari 70% pada tes dan Anda
telah mengambil tes lain waktu sebelumnya untuk ini, apa yang Anda pikir akan
membantu Anda menerima 80% atau di atas waktu berikutnya Anda mengikuti
tes?" akan sulit bagi responden untuk menjawab dan bahkan lebih menantang
bagi Anda untuk menafsirkan.
9. Hindari negatif ganda,
konsep yang sulit, dan pertanyaan mengingat yang spesifik. Responden mudah
bingung ketika mencoba untuk menafsirkan makna dari sebuah pertanyaan yang menggunakan
ganda negatif. Responden juga dapat menjadi cepat kewalahan dan kehilangan
detail peristiwa atau keadaan yang jauh kembali ke masa lalu. Yang paling
penting, jika survei terlalu rumit dan/atau sulit untuk mengisi, responden
tidak akan menyelesaikannya!
10. Cobalah untuk menggunakan
pertanyaan yang lebih tertutup, dengan tidak lebih dari satu atau dua
pertanyaan terbuka. Responden biasanya memiliki pemahaman yang lebih baik dari
pertanyaan tertutup karena mereka lebih mudah dan menawarkan tanggapan yang
dapat mereka pilih.
Pertanyaan terbuka memerlukan
tanggapan tertulis. Jumlah berlebihan pertanyaan terbuka dapat menurunkan
responden dan mengurangi kualitas jawaban yang mereka sediakan.
11. Pertanyaan respons yang
ditingkatkan harus memiliki jawaban yang seimbang, sebanding interval.
Misalnya, menawarkan pilihan yang luar biasa, sangat baik, baik, dan mengerikan
akan menyebabkan Anda kehilangan informasi penting di antara nilai yang baik dan
mengerikan.
12. Bila mungkin, tanggapan
harus dikembangkan sebagai jumlah diskrit bukan pernyataan umum dari jumlah,
dengan pilihan tertentu dari yang untuk memilih. Lebih baik bertanya,
"berapa kali sebulan Anda pergi ke bioskop?" "0", "1
sampai 3 kali sebulan", "3 sampai 5 kali sebulan atau lebih",
bukan "seberapa sering Anda pergi ke film?" "hampir tidak
pernah", "satu dan beberapa saat", "saya ada setidaknya
sekali seminggu", dll.
13 Beri nama survei Anda dan
tulis pengantar singkat. Memberikan nama survei dan pengantar singkat adalah
cara yang baik untuk memberikan beberapa latar belakang dan kerangka acuan
kepada responden Anda. Itu juga mempersiapkan mereka untuk apa yang akan
datang.
14 Buatlah garis subjek yang
ditulis dengan baik untuk email yang Anda kirim dengan survei untuk menangkap
perhatian responden Anda.
Meskipun tidak lengkap, poin
yang tercantum di atas cukup untuk membuat Anda mulai ke arah yang benar.
Singkatnya, sebuah survei online yang ditulis dengan baik memiliki tingkat
penyelesaian yang lebih tinggi dan merupakan metode yang efektif untuk
mengumpulkan informasi.
0 comments :
Posting Komentar